webinar-SKP_2
BBGP Jateng Gelar Webinar Sosialisasi Fitur Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah di PMM

Semarang, 29 Desember 2023 – Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Tengah mengadakan webinar sosialisasi fitur pengelolaan kinerja guru dan kepala sekolah yang terintegrasi dengan Platform Merdeka Mengajar (PMM) dan Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara (SIASN). Webinar ini merupakan bagian dari transformasi pengelolaan ASN yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo dan dirancang oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK).

Webinar ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan panduan kepada guru dan kepala sekolah tentang fitur pengelolaan kinerja yang disematkan di PMM. Fitur ini memungkinkan guru dan kepala sekolah untuk melakukan refleksi kompetensi, penilaian kinerja, dan pengembangan karir secara online dan terintegrasi dengan data kepegawaian di SIASN. Fitur ini juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan profesionalisme guru dan kepala sekolah dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.

Webinar ini dibuka oleh Bapak Darmadi, Kepala BBGP Jateng, dan dimoderatori oleh Ibu Mita Harsasi, staf BBGP Jateng. Tiga narasumber yang hadir dalam webinar ini adalah Ibu Cici Lasmiati, Analis Data dan Informasi Pendidikan BKN I Yogyakarta, Ibu Dian Fajarwati, Widyaprada BBGP Jateng, dan Bapak Arif Murdika Wibawa, dari BBGP Jateng. Mereka menjelaskan secara detail tentang fitur pengelolaan kinerja di PMM, cara mengakses dan menggunakannya, serta manfaat dan tantangan yang dihadapi.

Narasumber menjelaskan bahwa guru dan kepala sekolah perlu memiliki pemahaman yang jelas tentang pengelolaan kinerja untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan. Pengelolaan kinerja yang efektif melibatkan penetapan tujuan yang jelas, pemantauan teratur, dan umpan balik konstruktif.

Refleksi kompetensi di PMM membantu guru dan kepala sekolah untuk mengevaluasi kekuatan dan kelemahan mereka dalam mengajar dan memimpin. Melalui refleksi kompetensi, guru dan kepala sekolah dapat mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dan mengambil tindakan yang tepat.

PMM juga memberikan kesempatan bagi guru dan kepala sekolah untuk mengembangkan kompetensi baru dan mengikuti perkembangan terkini dalam pendidikan. PMM menyediakan berbagai sumber belajar, pelatihan, dan sertifikasi yang dapat diakses secara online dan gratis.

Pengelolaan kinerja yang efektif dan refleksi kompetensi di PMM dapat menghasilkan peningkatan kualitas pengajaran dan kepemimpinan di sekolah. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan dan profesionalisme guru dan kepala sekolah, serta memberikan dampak positif bagi peserta didik dan masyarakat.

Webinar ini diikuti oleh sekitar 1000 peserta yang terdiri dari guru dan kepala sekolah dari berbagai jenjang dan wilayah di Provinsi Jawa Tengah. Peserta webinar dapat mengajukan pertanyaan dan diskusi melalui fitur chat yang tersedia. Webinar ini juga direkam dan dapat ditonton kembali melalui https://www.youtube.com/live/BQU_tNBN6ho?si=WW-6xYped-2OQW66.

Webinar sosialisasi fitur pengelolaan kinerja guru dan kepala sekolah di PMM ini merupakan salah satu upaya BBGP Jateng untuk mendukung transformasi pengelolaan ASN di bidang pendidikan. BBGP Jateng berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan dan pemberdayaan kepada guru dan kepala sekolah di Provinsi Jawa Tengah.

Penulis : Anni Rahayuningsih, Tenaga Perpustakaan SMKN 10 Semarang

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

Program Literasi Sekolah

SMK Negeri 10 Semarang memiliki program literasi sebagai berikut: 1. Gerakan menulis artikel ilmiah bagi Guru, Karyawan, serta Peserta Didik. Tujuan gerakan menulis ini adalah untuk melatih dan mengembangkan potensi menulis dalam diri Guru, Karyawan, dan Peserta Didik, sehingga memiliki kemampuan dalam pengembangan karya ilmiah. Selain itu, bagi Guru ASN, hasil dari artikel ilmiah juga

Baca selengkapnya...

Prestasi Literasi Sekolah

a. Prestasi Sekolah Berkinerja Terbaik 2022 oleh Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah dalam Penulisan Artikel oleh Guru dan Karyawan SMK Negeri 10 Semarang b. Best Practice 2023 yang diselenggarakan oleh BPTIK Dikbud Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah c. Juara II Business Plan Competition Universitas Pekalongan 2023

Baca selengkapnya...

Karya Literasi Sekolah

a. Antologi Artikel Guru dan Karyawan SMK Negeri 10 Semarang b. Inspirasi Membangun Sekolah Karya Ardan Sirodjuddin, S.Pd (Kepala SMK Negeri 10 Semarang) c. Kumpulan artikel online web SMK Negeri 10 Semarang: https://smk10semarang.sch.id/  d. Kumpulan artikel online web SMK Negeri 10 Semarang: https://cabdindikwil1.com/ 

Baca selengkapnya...