PTI.jpeg
Kepala SMKN 10 Semarang Berbagi Ilmu Menyusun Perangkat Pembelajaran Merdeka Belajar dan Assesmen Diagnostik

Semarang – Universitas PGRI Semarang (Upgris) terus berupaya meningkatkan kualitas dan kompetensi mahasiswanya, khususnya di bidang pendidikan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menyelenggarakan Magang Kependidikan bagi mahasiswa Semester Gasal Tahun Akademik 2023/2024.

Magang Kependidikan adalah salah satu program yang diselenggarakan oleh Pusat Karir, PPL, dan Pemagangan, Lembaga Pengembangan Profesi Upgris. Program ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar dan mengajar langsung di sekolah-sekolah mitra Upgris.

Sebagai persiapan mengikuti Magang Kependidikan, mahasiswa harus mengikuti Pembekalan Mahasiswa Calon Peserta Magang Kependidikan. Pembekalan ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan oleh mahasiswa dalam melaksanakan Magang Kependidikan.

Salah satu materi yang disampaikan dalam Pembekalan Mahasiswa adalah “Penyusunan Perangkat Pembelajaran Merdeka Belajar dan Assesmen Diagnostik”. Materi ini disampaikan oleh Kepala SMKN 10 Semarang, Bapak Ardan Sirodjuddin, S.Pd, M.Pd, yang diundang oleh Prodi Pendidikan Teknologi Informasi Upgris dengan moderator Bapak Andi Priyolistiyanto, M.Kom

Bapak Ardan Sirodjuddin menjelaskan bahwa Merdeka Belajar adalah salah satu konsep pendidikan yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Konsep ini mengutamakan kebebasan dan kreativitas siswa dalam belajar, serta mengurangi beban kurikulum dan standar nasional.

“Merdeka Belajar menuntut guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menyusun perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan, minat, dan bakat siswa. Guru juga harus mampu memberikan umpan balik yang konstruktif dan bermakna bagi siswa,” ujar Bapak Ardian.

Selain itu, Bapak Ardan juga memaparkan tentang Assesmen Diagnostik, yaitu salah satu bentuk penilaian yang digunakan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan siswa dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Assesmen Diagnostik dapat membantu guru dalam menentukan strategi pembelajaran yang tepat bagi siswa.

“Assesmen Diagnostik harus dilakukan secara berkala dan berkelanjutan, baik sebelum, selama, maupun sesudah pembelajaran. Assesmen Diagnostik juga harus bersifat valid, reliabel, objektif, dan edukatif,” tutur Bapak Ardan.

Pembekalan Mahasiswa Calon Peserta Magang Kependidikan berlangsung pada Kamis, 28 Desember 2023, pukul 10:00 WIB di ruang GPs 406 Kampus Pasca Sarjana Upgris, Jl. Lingga Raya No. 8 Semarang. Kegiatan ini diikuti oleh 28 mahasiswa dari prodi PTI Upgris.

Kepala Prodi Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) Upgris, Bapak Wijayanto, M.Kom mengatakan mahasiswa yang mengikuti Pembekalan mengaku mendapatkan banyak manfaat dan ilmu baru dari materi yang disampaikan oleh Bapak Ardan. Mereka berharap dapat menerapkan materi tersebut dalam Magang Kependidikan yang akan mereka jalani.

“Terima kasih kepada Bapak Ardan yang sudah berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang Merdeka Belajar dan Assesmen Diagnostik kepada mahasiswa PTI Upgris,” ucap Wijayanto, Kepala Prodi Pendidikan Teknologi Informasi Upgris.

Penulis : Nur Kholifah, Guru SMKN 10 Semarang

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

Program Literasi Sekolah

SMK Negeri 10 Semarang memiliki program literasi sebagai berikut: 1. Gerakan menulis artikel ilmiah bagi Guru, Karyawan, serta Peserta Didik. Tujuan gerakan menulis ini adalah untuk melatih dan mengembangkan potensi menulis dalam diri Guru, Karyawan, dan Peserta Didik, sehingga memiliki kemampuan dalam pengembangan karya ilmiah. Selain itu, bagi Guru ASN, hasil dari artikel ilmiah juga

Baca selengkapnya...

Prestasi Literasi Sekolah

a. Prestasi Sekolah Berkinerja Terbaik 2022 oleh Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah dalam Penulisan Artikel oleh Guru dan Karyawan SMK Negeri 10 Semarang b. Best Practice 2023 yang diselenggarakan oleh BPTIK Dikbud Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah c. Juara II Business Plan Competition Universitas Pekalongan 2023

Baca selengkapnya...

Karya Literasi Sekolah

a. Antologi Artikel Guru dan Karyawan SMK Negeri 10 Semarang b. Inspirasi Membangun Sekolah Karya Ardan Sirodjuddin, S.Pd (Kepala SMK Negeri 10 Semarang) c. Kumpulan artikel online web SMK Negeri 10 Semarang: https://smk10semarang.sch.id/  d. Kumpulan artikel online web SMK Negeri 10 Semarang: https://cabdindikwil1.com/ 

Baca selengkapnya...