20231129_janto-300x231
Mengubah Paradigma Pembelajaran Sejarah Di Smk: Media Powerpoint Berbantuan Classpoint Sebagai Katalis Transformasi Pendidikan

Pendidikan merupakan landasan utama dalam membentuk generasi yang berkualitas. Dalam era digital ini, transformasi pendidikan menjadi suatu keharusan, terutama dalam pengajaran mata pelajaran sejarah di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Artikel ini membahas peran penting media PowerPoint berbantuan Classpointuntuk mengubah paradigma pembelajaran sejarah dalam menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih interaktif dan relevan bagi Siswa SMK.

Tradisi pembelajaran sejarah yang bersifat statis dan monoton dapat menjadi penghalang bagi minat dan pemahaman Siswa. Untuk itu Guru seharusnya memilih dan menerapkan media pembelajaran yang selalu berkembang, baik yang sifatnya online maupun offline. Sistem pembelajaran onlinedapat meningkatkan kemampuan belajar mandiri, pemecahan masalah, dan berpikir kritis (Eun Joo Kim, 2019). Salah satu transformasi pendidikan dalam pembelajaran online adalah media PowerPoint berbantuan Classpoint. Clark dan Mayer (2008) menjelaskan bahwa penggunaan media yang memadukan teks dengan elemen visual dapat membantu proses belajar Siswa dengan cara yang lebih efektif.

Media ini memungkinkan pembuatan dan pengembangan presentasi yang interaktif dan dinamis secara online. Guru dapat menyisipkan pertanyaan, jajak pendapat, dan elemen interaktif lainnya untuk menjadikan setiap sesi pembelajaran lebih menarik dan partisipatif.Classpoint membuka pintu bagi kolaborasi global di antara Siswa. Mereka dapat berkolaborasi dalam proyek-proyek sejarah secara online, berbagi perspektif, dan mendapatkan wawasan dari sudut pandang yang berbeda. Ini tidak hanya memperkaya pemahaman Siswa terhadap sejarah, tetapi juga membawa elemen kerjasama ke dalam pembelajaran.

Setiap Siswa memiliki gaya belajar yang unik. Classpoint memungkinkan Guru untuk menyajikan materi pembelajaran sejarah dengan lebih terpersonalisasi dan diferensiasi. Guru dapat menyesuaikan kecepatan presentasi, menyertakan materi tambahan, dan memberikan tautan ke sumber daya eksternal, menciptakan lingkungan belajar yang sesuai dengan kebutuhan individu.Classpoint tidak hanya menyediakan alat untuk pembelajaran interaktif, tetapi juga memberikan analisis keterlibatan Siswa. Data ini memberikan gambaran tentang sejauh mana Siswa terlibat dalam presentasi, membantu Guru menilai efektivitas pembelajaran dan melakukan penyesuaian sesuai kebutuhan.

Sejarah sering kali melibatkan pemahaman terhadap situasi atau peristiwa tertentu. Classpoint memungkinkan Guru menyertakan simulasi, grafik, dan visualisasi untuk membantu Siswa secara lebih baik dalam memahami konteks sejarah. Selain itu, Classpointmenciptakan pengalaman belajar yang lebih mendalam.Guru dapat mengelola materi pembelajaran dengan lebih efisien. Mereka dapat menyusun materi dengan mudah, menyuntingnya secara real-time, dan membagikannya dengan Siswa tanpa kendala teknis. Ini memberikan fleksibilitas dan efisiensi dalam penyampaian materi dan asesmen.Interaksi langsung antara Guru dan Siswa diaktifkan melalui Classpoint. Siswa dapat mengajukan pertanyaan atau memberikan tanggapan langsung pada slide presentasi. Hal ini membuka pintu untuk umpan balik real-time, meningkatkan kualitas interaksi di dalam kelas.Mengintegrasikan Classpoint dalam pembelajaran sejarah di SMK juga membantu Siswa untuk memahami dan memanfaatkan teknologi. Mereka terbiasa dengan alat kolaboratif online dan mempersiapkan mereka dalam menghadapituntutan dunia digital yang terus berkembang.

Media PowerPoint berbantuan Classpoint telah membawa transformasi yang signifikan dalam pembelajaran sejarah di SMK. Dengan menggabungkan keunggulan media interaktif dan analisis keterlibatan Siswa, pendidikan sejarah tidak hanya menjadi lebih menarik, tetapi juga lebih sesuai dengan kebutuhan perkembangan Siswa di era digital ini. Dengan terus memanfaatkan teknologi ini, kita dapat membentuk masa depan pendidikan yang lebih adaptif dan inklusif. Contoh penerapannya dapat dilihat pada Slide Drawing Activity 

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Janto, S.Pd., Guru Mapel Sejarah

Sumber: https://smk10semarang.sch.id/blog/mengubah-paradigma-pembelajaran-sejarah-di-smk-media-powerpoint-berbantuan-classpoint-sebagai-katalis-transformasi-pendidikan/

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

Program Literasi Sekolah

SMK Negeri 10 Semarang memiliki program literasi sebagai berikut: 1. Gerakan menulis artikel ilmiah bagi Guru, Karyawan, serta Peserta Didik. Tujuan gerakan menulis ini adalah untuk melatih dan mengembangkan potensi menulis dalam diri Guru, Karyawan, dan Peserta Didik, sehingga memiliki kemampuan dalam pengembangan karya ilmiah. Selain itu, bagi Guru ASN, hasil dari artikel ilmiah juga

Baca selengkapnya...

Prestasi Literasi Sekolah

a. Prestasi Sekolah Berkinerja Terbaik 2022 oleh Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah dalam Penulisan Artikel oleh Guru dan Karyawan SMK Negeri 10 Semarang b. Best Practice 2023 yang diselenggarakan oleh BPTIK Dikbud Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah c. Juara II Business Plan Competition Universitas Pekalongan 2023

Baca selengkapnya...

Karya Literasi Sekolah

a. Antologi Artikel Guru dan Karyawan SMK Negeri 10 Semarang b. Inspirasi Membangun Sekolah Karya Ardan Sirodjuddin, S.Pd (Kepala SMK Negeri 10 Semarang) c. Kumpulan artikel online web SMK Negeri 10 Semarang: https://smk10semarang.sch.id/  d. Kumpulan artikel online web SMK Negeri 10 Semarang: https://cabdindikwil1.com/ 

Baca selengkapnya...