WhatsApp-Image-2023-11-24-at-10.08.04_11zon-300x225
Pelatihan TIK untuk Pembelajaran 2023: Transformasi Pendidikan Melalui Teknologi Inovatif

Solo, 24 November 2023 – Hotel Sahid Jaya menjadi pusat pelaksanaan Pelatihan Pendayagunaan TIK untuk Pembelajaran Tahun 2023 Angkatan III yang digelar oleh BPTIK Dikbud Jateng. Acara yang berlangsung dari tanggal 22 hingga 24 November 2023 ini menghadirkan serangkaian materi inovatif bagi para peserta.

Dalam pelatihan disampaikan materi tentang penyusunan bahan ajar berbasis video animasi yang dikemas dengan apik oleh narasumber dari Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Tengah, Bambang Budiharso, S.Kom. Peserta mendapatkan wawasan mendalam tentang bagaimana membuat ide cerita, script, storyboard, produksi aset, membuat animasi, hingga produksi materi pembelajaran yang kreatif dan menarik melalui media video animasi dengan mengkombinasikan Canva for Education dan beberapa referensi video editor.

Salah satu fokus utama pelatihan adalah meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran melalui adopsi teknologi kecerdasan buatan. Peserta diberikan pandangan mendalam tentang bagaimana integrasi kecerdasan buatan dapat membuka pintu inovasi dalam proses pembelajaran. Inovasi pembelajaran terus diperkuat dengan materi oleh Narasumber dari PT Cipta Gadhing Artha Jakarta Raya, Rima Artha, M.Pd dalam mengaplikasikan kecerdasan buatan untuk mengoptimalkan pengalaman belajar.

Pelatihan tidak hanya memberikan wawasan tentang teknologi, tetapi juga membahas pentingnya berakhlak. Dalam sesi inspiratifnya, Narasumber dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Jawa Tengah, Dra. Nila Agustina, MPA membimbing peserta dalam memahami aspek berakhlak ASN, memberikan pandangan mendalam tentang bagaimana ASN dapat mengintegrasikan nilai-nilai moral dalam setiap aspek pekerjaan mereka.

Kegiatan ini memberikan landasan kuat bagi peserta untuk mengimplementasikan teknologi informasi, video animasi, dan kecerdasan buatan dalam konteks pembelajaran mereka. Harapannya, hal ini akan menjadi langkah awal yang berarti dalam menghadirkan pendidikan yang lebih inovatif dan adaptif di masa depan.

Penulis : Husna Amalana, S. Pd, M. Pd. Guru IPAS SMKN 10 Semarang

Editor  : Humas SMKN 10 Semarang

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

Program Literasi Sekolah

SMK Negeri 10 Semarang memiliki program literasi sebagai berikut: 1. Gerakan menulis artikel ilmiah bagi Guru, Karyawan, serta Peserta Didik. Tujuan gerakan menulis ini adalah untuk melatih dan mengembangkan potensi menulis dalam diri Guru, Karyawan, dan Peserta Didik, sehingga memiliki kemampuan dalam pengembangan karya ilmiah. Selain itu, bagi Guru ASN, hasil dari artikel ilmiah juga

Baca selengkapnya...

Prestasi Literasi Sekolah

a. Prestasi Sekolah Berkinerja Terbaik 2022 oleh Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah dalam Penulisan Artikel oleh Guru dan Karyawan SMK Negeri 10 Semarang b. Best Practice 2023 yang diselenggarakan oleh BPTIK Dikbud Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah c. Juara II Business Plan Competition Universitas Pekalongan 2023

Baca selengkapnya...

Karya Literasi Sekolah

a. Antologi Artikel Guru dan Karyawan SMK Negeri 10 Semarang b. Inspirasi Membangun Sekolah Karya Ardan Sirodjuddin, S.Pd (Kepala SMK Negeri 10 Semarang) c. Kumpulan artikel online web SMK Negeri 10 Semarang: https://smk10semarang.sch.id/  d. Kumpulan artikel online web SMK Negeri 10 Semarang: https://cabdindikwil1.com/ 

Baca selengkapnya...