20231127_Joko Mir
Pembelajaran Praktik Pengelasan Shielded Metal Arc Welding (SMAW) Posisi 1G Jurusan Teknik Pengelasan di SMK Negeri 10 Semarang

Teknik pengelasan adalah salah satu jurusan yang banyak dibutuhkan dalam industri dan manufaktur. Pengelasan adalah salah satu teknik penting dan salah satu metode pengelasan yang umum digunakan adalah Shielded Metal Arc Welding (SMAW). SMAW juga dikenal sebagai pengelasan dengan elektroda terlindung. Dalam jurusan Teknik Pengelasan di SMK Negeri 10 Semarang, memahami dan menguasai SMAW sangat penting.

SMAW adalah salah satu teknik pengelasan manual yang paling umum. Ini melibatkan penggunaan elektroda yang dilapisi dan busur listrik untuk melelehkan logam yang akan disambungkan. Posisi 1G merujuk pada posisi pengelasan horizontal datar, di mana elektroda digunakan pada permukaan datar dengan logam dasar yang berada di bawahnya. Ini adalah salah satu posisi pengelasan paling dasar dalam proses Grove dan sering digunakan dalam pelatihan teknik pengelasan.

Ada beberapa tahapan model pembelajaran praktik pengelasan SMAW 1G diantaranya:

  1. Model pembelajaran praktik pengelasan SMAW harus dimulai dengan pemahaman teori Siswa harus memahami prinsip-prinsip dasar pengelasan SMAW, termasuk jenis elektroda yang digunakan, polaritas, arus pengelasan, dan parameter pengelasan lainnya.
  2. Untuk itu dalam menyeimbangkan pengetahuan maka dibekali praktik langsung melalui demonstrasi guru praktik/instruktur. Instruktur harus melakukan demonstrasi praktik pengelasan SMAW di posisi 1G. Ini memungkinkan Siswa jurusan Teknik pengelasan dapat memperhatikan teknik yang benar dan mengamati tata cara pengelasan yang baik.
  3. Selanjutnya Siswa harus diberi kesempatan untuk mencoba. Mereka harus dilengkapi dengan perlengkapan pengelasan yang sesuai dan diawasi langsung oleh Instruktur. Kesalahan umum yang sering terjadi diantaranya parameter yang tidak sesuai maupun kestabilan dan ketenangan dalam proses pengelasan.
  4. Melakukan uji keterampilan setelah latihan yang cukup, Siswa harus diuji dalam melakukan pengelasan SMAW di posisi 1G. Contoh bahan yang digunakan dalam keterampilan yaitu pelat uji dan pipa kemudian nantinya akan dievaluasi
  5. Terakhir melakukan umpan balik atau koreksi. Guru/Instruktur harus memberikan umpan balik kepada kepada Siswa berdasarkan hasil uji keterampilan. Kesalahan yang terdeteksi harus dikoreksi lalu latihan tambahan atau mengulang sampai benar-benar masuk kriteria yang diharapkan oleh Guru/Instruktur.

Keuntungan Model Pembelajaran Praktik antara lain:

  1. Menghasilkan keterampila npraktis, ini memungkinkan Siswa untuk mengembangkan keterampilan praktis dalam pengelasan SMAW, yang sangat dicari dalam industry
  2. Lulusan jurusan Teknik Pengelasan yang telah menguasai teknik pengelasan SMAW dalam posisi 1G siap untuk memulai karier di industri.
  3. Kualitas Pengelasan yang Lebih Tinggi. Pembelajaran praktik yang baik akan menghasilkan pengelasan dengan kualitas yang lebih tinggi, mengurangi kemungkinan cacat dan kegagalan.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Joko Miranto, S.Pd., M.Si., MM., Guru dan K3 Kompetensi Keahlian Teknik Pengelasan

Sumber: https://smk10semarang.sch.id/blog/pembelajaran-praktik-pengelasan-shielded-metal-arc-welding-smaw-posisi-1g-jurusan-teknik-pengelasan-di-smk-negeri-10-semarang/

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

Program Literasi Sekolah

SMK Negeri 10 Semarang memiliki program literasi sebagai berikut: 1. Gerakan menulis artikel ilmiah bagi Guru, Karyawan, serta Peserta Didik. Tujuan gerakan menulis ini adalah untuk melatih dan mengembangkan potensi menulis dalam diri Guru, Karyawan, dan Peserta Didik, sehingga memiliki kemampuan dalam pengembangan karya ilmiah. Selain itu, bagi Guru ASN, hasil dari artikel ilmiah juga

Baca selengkapnya...

Prestasi Literasi Sekolah

a. Prestasi Sekolah Berkinerja Terbaik 2022 oleh Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah dalam Penulisan Artikel oleh Guru dan Karyawan SMK Negeri 10 Semarang b. Best Practice 2023 yang diselenggarakan oleh BPTIK Dikbud Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah c. Juara II Business Plan Competition Universitas Pekalongan 2023

Baca selengkapnya...

Karya Literasi Sekolah

a. Antologi Artikel Guru dan Karyawan SMK Negeri 10 Semarang b. Inspirasi Membangun Sekolah Karya Ardan Sirodjuddin, S.Pd (Kepala SMK Negeri 10 Semarang) c. Kumpulan artikel online web SMK Negeri 10 Semarang: https://smk10semarang.sch.id/  d. Kumpulan artikel online web SMK Negeri 10 Semarang: https://cabdindikwil1.com/ 

Baca selengkapnya...