Hikma-Nurul-Izza-300x169
SMKN 10 Semarang Sosialisasi Aplikasi SI KAPAL untuk Kemudahan Pengelolaan Sekolah

Semarang, 20 Desember 2023 – Sebagai Sekolah Pusat Keunggulan, SMKN 10 Semarang terus melangkah maju dalam mengadopsi teknologi terkini. Pada hari ini, Rabu, 20 Desember 2023, sekolah tersebut menggelar In House Training (IHT) Digitalisasi Sekolah di ruang Baita Adiguna SMKN 10 Semarang, Jalan Kokrosono 75 Semarang, dengan fokus utama pada sosialisasi SI KAPAL.

Aplikasi SI KAPAL, yang dikembangkan oleh guru SMKN 10 Semarang, Ibu Hikma Nurul Izza, S.Pd, mendapat perhatian khusus dalam kegiatan ini. Aplikasi tersebut telah mendapatkan persetujuan dari Kepala SMKN 10 Semarang, Ardan Sirodjuddin, M.Pd, untuk digunakan dalam pengelolaan pembelajaran, termasuk presensi dan jurnal mengajar guru.

Menurut narasumber, keunggulan utama dari aplikasi SI KAPAL adalah kemudahan dalam pengelolaan, efisiensi biaya karena menggunakan fasilitas gratis dari Google, serta kemampuan untuk melakukan perubahan dengan cepat sesuai kebutuhan data. Aplikasi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan efisiensi administratif di SMKN 10 Semarang.

Kepala SMKN 10 Semarang, Ardan Sirodjuddin, M.Pd, menyambut baik peluncuran dan sosialisasi Aplikasi SI KAPAL. “Pengelolaan sekolah yang mudah melalui bantuan teknologi sangat saya tunggu. Proposal dari Ibu Hikma Nurul Izza yang sesuai dengan kebutuhan sekolah sangat saya harapkan untuk segera direalisasikan,” ujarnya. Hari ini juga ditandai dengan ujicoba aplikasi ini untuk seluruh guru dan karyawan SMKN 10 Semarang.

Dalam kesempatan yang sama, Bapak Muslim Anwar, guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, menyampaikan persetujuannya terhadap aplikasi SI KAPAL. Menurutnya, aplikasi ini sangat sesuai dengan kebutuhan guru dan diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam melaksanakan tugas-tugas administratif.

Dengan semangat tagline “Ciptakan Inovasi, Tebarkan Manfaat,” SMKN 10 Semarang terus memberikan kontribusi positif melalui terobosan dalam pengelolaan sekolah secara digital. Upaya ini diharapkan dapat membawa SMKN 10 Semarang menuju prestasi yang lebih tinggi.

Melalui penerapan teknologi dan konsep inovatif, SMKN 10 Semarang berkomitmen untuk memajukan sistem pendidikan dan pengelolaan sekolah. Langkah-langkah terbaru yang diambil, seperti In House Training (IHT) Digitalisasi Sekolah dan sosialisasi Aplikasi SI KAPAL, merupakan bukti konkret dari semangat untuk terus beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Tagline yang diusung mencerminkan tekad SMKN 10 Semarang untuk menciptakan inovasi yang tidak hanya memberikan dampak positif pada lingkungan sekolah, tetapi juga menyebar manfaat kepada seluruh stakeholders, termasuk guru, karyawan, dan tentu saja, siswa.

Dengan upaya terus-menerus dalam merangkul teknologi dan memanfaatkannya secara cerdas, SMKN 10 Semarang berharap dapat naik kelas dalam kualitas pendidikan dan pengelolaan sekolah. Semoga langkah-langkah ini tidak hanya menjadi pencapaian bagi SMKN 10 Semarang, tetapi juga menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain untuk terus menggali potensi inovatif dalam menghadapi tantangan zaman.

Penulis : Nur Kholifah, Guru SMKN 10 Semarang

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

Program Literasi Sekolah

SMK Negeri 10 Semarang memiliki program literasi sebagai berikut: 1. Gerakan menulis artikel ilmiah bagi Guru, Karyawan, serta Peserta Didik. Tujuan gerakan menulis ini adalah untuk melatih dan mengembangkan potensi menulis dalam diri Guru, Karyawan, dan Peserta Didik, sehingga memiliki kemampuan dalam pengembangan karya ilmiah. Selain itu, bagi Guru ASN, hasil dari artikel ilmiah juga

Baca selengkapnya...

Prestasi Literasi Sekolah

a. Prestasi Sekolah Berkinerja Terbaik 2022 oleh Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah dalam Penulisan Artikel oleh Guru dan Karyawan SMK Negeri 10 Semarang b. Best Practice 2023 yang diselenggarakan oleh BPTIK Dikbud Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah c. Juara II Business Plan Competition Universitas Pekalongan 2023

Baca selengkapnya...

Karya Literasi Sekolah

a. Antologi Artikel Guru dan Karyawan SMK Negeri 10 Semarang b. Inspirasi Membangun Sekolah Karya Ardan Sirodjuddin, S.Pd (Kepala SMK Negeri 10 Semarang) c. Kumpulan artikel online web SMK Negeri 10 Semarang: https://smk10semarang.sch.id/  d. Kumpulan artikel online web SMK Negeri 10 Semarang: https://cabdindikwil1.com/ 

Baca selengkapnya...